Pengertian Komunikasi
proses dimana seseorang berusaha
untuk memberikan pengertian atau pesan kepada orang lain melalui pesan
simbolis. the process by which people attempt to share meaning via the
transmission of symbolic messages
(Stoner, Freeman
& Gilbert, 1995)
- Proses : sistem terbuka dinamis yang menciptakan dan saling menukar informasi
- Pesan : susunan simbol yang penuh arti
- Jaringan : Hakikat dan luas dipengaruhi oleh hubungan peranan, arah dan arus pesan, hakikat seri dari arus pesan, dan isi dari pesan.
- Keadaan saling tergantung
- Hubungan
- Lingkungan
- Ketidakpastian
Konsep-konsep Komunikasi
- Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005).
- Komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi.
- Komunikasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual.
- Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005).
Fungsi
Komunikasi Sendjaja
(1994)
Fungsi
regulatif.
Fungsi ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi.
Fungsi ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi.
- Berkaitan dengan orang-orang yang berada dalam tataran manajemen.
- Berkaitan dengan pesan. Pesan-pesan regulatif pada dasarnya berorientasi pada kerja
Fungsi
persuasif.
Kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan. pekerjaan yang dilakukan secara sukarela oleh karyawan akan menghasilkan kepedulian yang lebih besar.
Kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan. pekerjaan yang dilakukan secara sukarela oleh karyawan akan menghasilkan kepedulian yang lebih besar.
Fungsi integratif.
Setiap organisasi berusaha untuk menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik.
Setiap organisasi berusaha untuk menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik.
- Saluran komunikasi formal.
- Saluran komunikasi.
Bentuk-bentuk Komunikasi
- Komunikasi Interpersonal
- Komunikasi Lisan
- Komunikasi Tertulis
- Komunikasi dalam Bentuk Jejaring Komunikasi
- Pola Roda
- Pola huruf Y
- Pola komunikasi bersambung
- Pola komunikasi melingkar
- Pola komunikasi menyeluruh
Teknologi Informasi dan
Komunikasi
- Sistem Informasi Formal
- sistem pemroses transaksi (transaction-processing system)
- sistem informasi manajemen (management information system)
- sistem pendukung pengambilan keputusan (decision support system)
- sistem informasi eksekutif (executive information system)
- sistem jaringan internal(intranet)
- sistem pintar (expert system)
- Teknologi Informasi yang Personal
- Komputer
- Mesin Fotocopy
- Telepon Selular
- WebCam
- dll
Sumber
Materi perkuliahan oleh Dr. Mohammad Abdul Mukhyi, se.,
mm.
0 comments:
Post a Comment