Home » » PERMINTAAN

PERMINTAAN

Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
Contoh permintaan adalah di pasar kebayoran lama yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar yang alot. Faktor pertama adalah barang dan jasa. Kebutuhan konsumen pada dasarnya merupakan permintaan akan barang dan jasa tertentu. Faktor kedua adalah harga. Konsumen cenderung memilih barang dan jasa semurah-murahnya. Faktor ketiga adalah situasi. Dalam situasi tertentu, misalnya untuk pesta ultah emas atau saat persediaan di pasar menipis, konsumen bersedia membeli barang dan jasa tertentu dengan harga mahal.

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan
1.      Harga barang atau jasa
2.      Selera dan kesukaan konsumen
3.      Jumlah konsumen
4.      Pendapatan konsumen
5.      Harga barang substitusi dan komplementer
6.      Jumlah barang yang tersedia
7.      Harapan konsumen terhadap harga barang tsb di masa datang
8.      Variabel lain

Macam-Macam Permintaan

Permintaan Efaktif : Permintaan dari konsumen atau pembeli yang disertai kemampuan membayar. Permintaan efektif akan mendorong kehidupan ekonomi sehingga akan memegang  peranan yang sangat besar dalam kehidupan ekonomi.                                             
Permintaan potensial : Permintaan kemampuan untuk membeli tetapi belummelaksanakan pembelian tersebut. Permintaan yang memiliki kemampuan untuk membeli tetapi belum melaksanakan pembelian tersebut.
Permintaan absolute : Permintaan yang tidak berdaya beli atau permintaan yang tidak disertai kemampuan membayar harganya.
Fungsi permintaan :Fungsi yang menghubungkan antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diterima.


Hukum permintaan

“Jika harga naik, maka jumlah barang/jasa yang diminta berkurang, sebaliknya jika harga barang /jasa turun, maka jumlah barang yang diminta bertambah. Hukum ini akan berlaku bila keadaan yang lain tetap“. Hukum permintaan terutama dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa orang harus memenuhi kebutuhan sebatas anggaran atau pendapatan tertentu.
Permintaan juga dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu:
a. Harga dari suatu produk
b. Pendapatan
c. Harga barang lain yang sejenis
d. Selera pasar
e. Ekspektasi pasar terhadap suatu produk

Setiap manusia yang ada di dunia ini, entah dia berada di belahan dunia manapun pasti akan melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan yang merupakan suatu kegiatan dasar yang bahkan sudah menjadi bagian yang tak terpisahkandalam setiap langkah kehidupan seseorang. Manusia juga merupakan pelaku ekonomi yang kompleks. Karena setiap menusia mempunyai keinginan yang tak terbatas dalam hidupnya. Namun, sering kali keinginan itu berbentur dengan adanya keterbatasan pada sumber daya barang dan jasa pemuas kebutuhan manusia itu sendiri.
Fungsi Permintaan
Permintaan adalah jumlah suatu jenis barang yang ingin dibeli oleh konsumen dengan mempertimbangkan semua faktor/variabel yang mempengaruhinya.
Permintaan dibatasi oleh batas waktu missal harian, mingguan, tahunan. Fungsi yang menggambarkan permintaan produk adalah harga yang baik dibandingkan dengan produk terkait atau kompetitif dan pendapatan rata-rata konsumen. Tertimbang bersama-sama, hasil ini dalam perkiraan permintaan untuk produk atau kuantitas yang akan menjual tanpa menjenuhkan pasar. Ketika membuat keputusan manajerial, hubungan antara kuantitas dan masing-masing variabel harus ditentukan.
Kurva permintaan
1.Kurva di atas berbentuk linier (garis lurus)
2.Kurva permintaan tidak harus linier
3.Yang jelas, jika terjadi kenaikan harga barang, maka jumlah pembelian oleh konsumen akan menjadi lebih sedikit dibandingkan sebelum terjadi kenaikan harga
Pergerakan sepanjang kurva
1.Saat terjadi perubahan harga, terjadi pegerakan jumlah permintaan.
2.Jika hanya perubahan harga yang terjadi, maka pergerakan permintaan hanya akan terjadi sepanjang kurva yang sudah ada gerakan sepanjang kurva permintaan.
3.Ingat, jika yang terjadi adalah pergerakan jumlah permintaan, posisi harga tidak dapat digambarkan dengan kurva tersebut di atas.
Pergeseran kurva
Bila yang terjadi bukanlah perubahan harga saja maka yang terjadi adalah pergeseran keseluruhan kurva. Misal: yang terjadi pendapatan masyarakat meningkat, dengan harga yang tetap, akan meningkatkan kemauan konsumen untuk membeli.



0 comments:

Recent Update

Language Translation

About Me

My photo
Assalamualaikum.. saya Aria mahasiswa dari Universitas Gunadarma Kalimalang
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS