Home » » Makalah Pertumbuhan Ekonomi

Makalah Pertumbuhan Ekonomi

Bab I
Pendahuluan

Pertumbuhan ekonomi (Economic Growth) adalah perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksikan dalam masyarakat bertambah dan kemakmuran masyarakat meningkat. Masalah pertumbuhan ekonomi dapat dipandang sebagai masalah makro ekonomi dalam jangka panjang. Perkembangan kemampuan memproduksi barang dan jasa sebagai akibat pertambahan faktor-faktor produksi pada umumnya tidak selalu diikuti oleh pertambahan produksi barang dan jasa yang sama besarnya.
Pertambahan potensi memproduksi sering kali lebih besar dari pertambahan produksi yang sebenarnya. Dengan demikian perkembangan ekonomi adalah lebih lambat dari potensinya. (Sadono Sukirno, 1994;10).


Sumber Kenaikan Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi umumnya didefinisikan sebagai kenaikan GDPriil per kapita. Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product, GDP) adalah nilai pasar keluaran total sebuah negara, yang merupakan nilai pasar semua barang jadi dan jasa akhir yang diproduksi selama periode waktu tertentu oleh faktor-faktor produksi yang berlokasi di dalam sebuah negara. Kenaikan GDP dapat muncul melalui:

1. Kenaikan penawaran tenaga kerja Penawaran tenaga kerja yang meningkat dapat menghasilkan keluaran yang lebih banyak. Jika stok modal tetap sementara tenaga kerja naik, tenaga kerja baru cenderung akan kurang produktif dibandingkan tenaga kerja lama.
2. Kenaikan modal fisik atau sumber daya manusia Kenaikan stok modal dapat juga menaikkan keluaran, bahkan jika tidak disertai oleh kenaikan angkatan kerja. Modal fisik menaikkan baik produktivitas tenaga kerja maupun menyediakan secara langsung jasa yang bernilai. Investasi dalam modal sumber daya manusia merupakan sumber lain dari pertumbuhan ekonomi.
3. Kenaikan produktivitas Kenaikan produktivitas masukan menunjukkan setiap unit masukan tertentu memproduksi lebih banyak keluaran. Produktivitas masukan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor termasuk perubahan teknologi, kemajuan pengetahuan lain, dan ekonomisnya skala produksi. (Case dan Fair, 1999;326)

Manfaat Pertumbuhan Ekonomi
Manfaat Pertumbuhan Ekonomi antara lain sebagai berikut: Laju pertumbuhannya untuk mengukur kemajuan ekonomi sebagai hasil pembangunan nasional Pendapatan perkapitanya dipergunakan untuk mengukur tingkat kemakmuran penduduk, sebab semakin meningkat pendapatan perkapita dengan kerja konstan semakin tinggi tingkat kemakmuran penduduk dan juga produktivitasnya. Sebagai dasar pembuatan proyeksi atau perkiraan penerimaan negara untuk perencanaan pembangunan nasional atau sektoral dan regional. Sebagai dasar penentuan prioritas pemberian bantuan luar negari oleh Bank Dunia atau lembaga internasional lainnya. Sebagai dasar pembuatan prakiraan bisnis, khususnya persamaan penjualan bagi perusahaan untuk dasar penyusunan perencanaan produk dan perkembangan sumbur daya (tenaga kerja dan modal). (Dornbuch, R dan Fischer, S, 1994:649-651)

Bab II
Pembahasan

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi
1.Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan output per kapita dalam jangka panjang.
2.Tekanannya pada tiga aspek yakni: proses, output per kapita, dan jangka panjang kapita, dan jangka panjang
3.Pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses bukan suatu gambaran ekonomi pada suatu saat suatu
4.Melihat bagaimana suatu perekonomian berkembang atau berubah dari waktu ke waktu
5.Pertumbuhan ekonomi berkaitan dengan output per kapita, oleh sebab itu ada dua sisi yang harus diperhatikan yakni; sisi output total (GNP) dan sisi jumlah penduduk.

Prof. Simon Kuznets mendifinisikan pertumbuhan ekonomi itu adalah kenaikan jangka panjang dalam kemampuan suatu negara untuk menyediakan semakin banyak barang barang ekonomi kepada penduduknya. Kemampuan ini tumbuh sesuai dengan kemajuan teknologi, penyesuaian kelembagaan, dan ideologi yang diperlukannya
Definisi ini memiliki tiga komponen :
1.Pertumbuhan ekonomi suatu bangsa terlihat dari meningkatnya secara terus-menerus persediaan barang;
2.Teknologi maju merupakan faktor dalam pertumbuhan ekonomi yang menentukan derajat kemampuan dalam penyediaan aneka macam barang kepada penduduk; dan kepada penduduk; dan
3.Penggunaan teknologi secara luas dan efisien memerlukan penyesuaan di bidang kelembagaan dan ideologi sehingga inovasi yang dihasilkan oleh ilmu pengetahuan dapat dimanfaatkan secara tepat dimanfaatkan.
4.Teori pertumbuhan ekonomi sebagai penjelasan mengenai faktor mengenai faktor – faktor apa yang menentukan kenaikan ouput per kapita dalam jangka panjang, dan mengenai bagaimana faktor mengenai bagaimana faktor – faktor tersebut berinteraksi faktor satu sama lain sehingga terjadi proses pertumbuhan.

Komponen utama dalam pertumbuhan ekonomi suatu masyarakat
Pertama: Akumulasi modal
1.Akumulasi modal terjadi apabila sebagian dari pendapatan  ditabung dan diinvestasikan dengan tujuan memperbesar output dan pendapatan di kemudian hari
2.Demikian pula investasi dalam sumberdaya manusia dapat  meningkatkan kualitasnya dan dengan demikian akan menghasilkan efek yang sama terhadap produksi, bahkan  akan lebih besar lagi bertambahnya jumlah manusia
3.Pendidikan formal dan informal akan dapat ditingkatkan lebih efektif lagi supaya dapat menghasilkan tenaga terdidik yang dapat mempebesar produktivitas.

Kedua: Pertumbuhan penduduk dan tenaga kerja
1.Merupakan faktor positif dalam merupakan faktor positif dalam merangsang pertumbuhan ekonomi .
2.Jumlah tenaga kerja yang lebih besar akan menambah jumlah tenaga  produktif, sedangkan pertambahan produktif, penduduk yang lebih besar akan penduduk yang lebih besar akan menambah luasnya pasar domestik.

Ketiga : Kemajuan teknologi.
1.Kemajuan teknologi bagi para ahli ekonomi merupakan sumber  pertumbuhan ekonomi yang lebih penting
2.Kemajuan teknologi dapat meningkatkan nilai tambah yang tinggi
3.Kemajuan teknologi berarti ditemukannya cara berproduksi atau perbaikan produksi

Karakteristik proses pertumbuhan (Kuznets)
Segi ekonomi agregat
1.Laju pertumbuhan output per kapita dan pertambahan penduduk yang tinggi
2.Tingkat kenaikan produktivitas faktor yang tinggi, khususnya produktivitas tenaga kerja

Segi Transformasi struktural
1.Tingkat transformasi struktural ekonomi yang tinggi. Sebagian komponen utama perubahan struktural tersebut mencakup pergeseran yang berangsur angsur dari aktivitas pertanian ke non pertanian.
2.Tingkat transformasi sosial dan ideologi yang tinggi struktural ekonomi. Perubahan dalam masyarakat harus dibarengi dengan transformasi sikap, kelembagaan, dan ideologi

Segi tingkat penyebaran pertumbuhan internasional
1.Kecenderungan negara maju perekonomiannya untuk menjangkau bagian dunia lainnya sebagai daerah pemasaran dan bahan baku.
2.Terbatasnya penyebaran pertumbuhan ekonomi yang hanya mencapai sepertiga bagian penduduk dunia

Faktor – faktor Ekonomi
1Sumberdaya Alam
2.Akumulasi Modal
3.Organisasi
4.Kemajuan Teknologi
5.Pembagian Kerja dan Skala Produksi

Faktor – faktor Non ekonomi
1.Faktor Sosial
2.Faktor Manusia
3.Faktor Politik dan Administratif

Ciri – ciri Pertumbuhan Ekonomi
1.Laju Pertumbuhan Penduduk dan Produk Per Kapita
2.Peningkatan Produktivitas
3.Laju Perubahan Struktural yang Tinggi
4.Urbanisasi
5.Ekspansi Negara Maju
6.Arus Barang, Modal, dan Orang antar Bangsa

Sumber:
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2010/01/pertumbuhan-ekonomi-definisi-sumber.html
http://almasdi.unri.ac.id/bahan_ajar/Ekonomi_Pembangunan/Pertemuan_3_pertumbuhan%20ekonomi.pdf

0 comments:

Recent Update

Language Translation

About Me

My photo
Assalamualaikum.. saya Aria mahasiswa dari Universitas Gunadarma Kalimalang
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS