Home » » Sejarah Kamera LOMO

Sejarah Kamera LOMO

Lomografi merupakan salah satu bagian dari fotografi analog dan kamera yang digunakan adalah kamera khusus yang disebut dengan kamera LOMO. LOMO sendiri sebenarnya adalah sebuah singkatan dari Leningradskoye Optiko-Mechanichesckoye Obyedinenie. Pencetus awal dari Lomografi adalah seorang tokoh penting dalam LOMO Russians Arm dan Optical yang merupakan pabrik pembuat senjata dan alat – alat optik bernama Michail Panfilowitsch.
Panfiloff mendapatkan kamera LOMO pertama kali dari seorang Jenderal Igor Petrowitsch Kornitzky dan jenis kamera pertama Panfiloff adalah Cosina CX-1. Saat itu juga Panfiloff merasa kagum dengan kamera yang telah didapatkannya sehingga ia meminta Jenderal Kornitzky ikut mengembangkan teknologi Cosina CX-1 dan memproduksinya dalam jumlah besar untuk digunakan oleh warga Uni Soviet. Kamera ini pun diberi nama Lomo Kompakt Automat, yang dikenal juga dengan nama Lomo-LCA.
Akan tetapi, seiiring waktu berjalan, produksi kamera ini pun semakin lama semakin menurun. Hingga sampai pada tahun 1991, dua orang mahasiswa dari Wina bernama Matthias Fiegl dan Wolfgang Stranzinger memulai gebrakan untuk menggunakan kamera lomo kembali.

Fiegl dan Stranzinger memulai gebrakan mereka dengan menggunakan kamera lomo dalam dunia fotografi. Kedua sahabat ini mengambil gambar dari berbagai sudut yang berbeda seperti dibalik kaki mereka, atas kepala mereka, dan lainnya. Senang dengan hasil jepretan mereka, akhirnya mereka membuat kamera sendiri dengan menggunakan mekanisme yang sama dengan kamera lomo milik mereka. Kamera – kamera hasil produksi mereka, mereka jual kepada orang yang mereka kenal seperti keluarga dan teman – teman. Bahkan mereka menjual kamera hasil buatan mereka kepada orang – orang yang tidak mereka kenal. Banyak orang menyukai lomografi karena teknik yang digunakan lomografi adalah dengan menyampingkan aturan – aturan yang ada dan juga tipe kamera lomo yang begitu beragam.
Berkat hasil kerja keras mereka berdua, akhirnya kamera lomo berhasil tersebar ke seluruh dunia, bahkan memiliki komunitas masing – masing di setiap negara, termasuk negara Indonesia.
Kamera Lomo terdiri dari berbagai macam jenis, dan berikut adalah jenis – jenis kamera lomo :
  1. Lomo Action Sampler
Hasil foto dari kamera ini adalah foto dengan 4 bagian dalam 1 foto.
  1. Lomo Colorsplash Camera
Warna hasil foto dari kamera ini belum tentu sesuai dengan warna asli. Karena kamera ini adalah jenis kamera yang bermain warna.
  1. Lomo Fisheye Camera
Hasil kamera ini akan terlihat cembung seperti makan ikan. Kamera Lomo Fisheye terdiri dari 2 jenis, yang tipe pertama adalah tipe fisheye 1 dan fisheye 2. Perbedaannya adalah pada tipe kedua, viewfindernya sudah terlihat cembung, jadi kita dapat mengetahui bagaimana hasil gambarnya dan juga sudah dibekali dengan Bulb mode dan Multiple Exposure.
  1. Lomo Frogeye Underwater
Kamera ini tetap bisa digunakan walaupun ada didalam kolam renang atau air tanpa harus menggunakan casing khusus. Jenis kamera lomo ini sudah tidak di produksi lagi sekarang.
  1. Lomo Oktomat
Dengan menggunakan kamera ini, dalam satu kali foto akan menampilkan 8 foto kecil dalam 1 g Lomographic Pop 9 dengan satu kali jepret akan tampil menjadi 9 foto kecil dalam 1 lembar foto.
  1. Lomo SuperSampler
Hasil foto ini akan menampilkan 1 foto tetapi foto tersebut memiliki 4 bagian yang berbeda.
 sumber :http://meithaa.wordpress.com/2010/03/01/kamera-lomo/

0 comments:

Recent Update

Language Translation

About Me

My photo
Assalamualaikum.. saya Aria mahasiswa dari Universitas Gunadarma Kalimalang
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS