Home » » BLSM Tak Akan Membantu Masyarakat Kecil

BLSM Tak Akan Membantu Masyarakat Kecil

Rencana pemerintah memberikan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dinilai bukan sebagai solusi terbaik. Selain itu, keputusan menaikan harga BBM akan berimbas luas. BLSM yang akan diberikan kepada masyarakat tentu memiliki dampak baik dan ada pula dampak yang buruk. Namun dengan diadakannya BLSM maka banyak masyarakat yang akan menjadi malas bekerja karena adanya BLSM tersebut. BLSM yang diberikan kepada masyarakat seakan – akan seperti membiusi masyarakat untuk diam dan setuju untuk kenaikan BBM. Padahal dengan naiknya BBM yang cukup tinggi itu tidak akan membantu mereka yang akan menerima BLSM. Sedangkan jumlah penerima bantuan tersebut tidak mengalami perubahan yaitu sebanyak 15,5 juta rumah tangga sasaran dengan nominal per bulan sebesar Rp150.000.

Hanya dengan uang sebesar itu tentu sangat tidak membantu masyarakat. Apalagi bantuan tersebut hanya selama 4 bulan berlangsung. Tentu adanya BLSM adalah bukan keputusan yang baik karna tidak adanya pemikiran dalam jangka panjang apa yang akan terjadi setelah kenaikan BBM. Apabila BBM dinaikan maka semua bahan kebutuhan masyarakat akan ikut naik,  bahkan hanya baru rencana saja bahan pokok sudah pada naik.
Seharusnya pemerintah harus lebih tegas dengan gagasan yang ada. Kenapa subsidi BBM yang banyak memakai hanya masyarakat kalangan menengah keatas? Ya, karna tidak adanya ketegasan dari pemerintahan sendiri. Mereka yang telah mempunyai mobil pribadi sudah dikatakan mampu untuk segalanya. Jangan hanya iklan – iklan di TV untuk merujuk masyarakat menggunakan BBM non subsidi. Cara tersebut tidak akan berhasil.
Sedangkan lapangan kerja di indonesia sudah sangat sedikit. Banyaknya pengangguran akan menambah angka kriminalitas, kemiskinan semakin bertambah. Karena masalah BBM itu masalah krusial, di sisi lain membebani negara, di sisi lain jika itu dinaikan akan membebani rakyat.

0 comments:

Recent Update

Language Translation

About Me

My photo
Assalamualaikum.. saya Aria mahasiswa dari Universitas Gunadarma Kalimalang
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS