Home » , » Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan


Grean Tea atau teh hijau siapa yang tidak tau bagi penikmat atau pecinta teh? tentu semua tau teh hijau. Apa lagi yang terkenal manfaatnya yaitu membuat kulit halus dan membuat tubuh menjadi langsing. Teh hijau memang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Rasa dan aromanya yang khas dan memiliki manfaat yang bukan hanya melangsingkan tubuh. Teh hijau atau bisa dibilang teh berkualitas sangat baik ini memang harganya berbeda dengan teh-teh yang berada di pasaran. Tentu harganya relatif lebih mahal. Teh hijau tidak hanya dikonsumsi oleh kaum Hawa. Namun bagi kaum Adam teh hijau juga sangat bermanfaat. Berikut adalah 10 (sepuluh) manfaat meminum teh hijau :

1.   Mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker kolorektal
2.   Membantu melawan kanker esofagus dan kanker kandung kemih
3.   Mengurangi kolesterol dan tekanan darah
4.   Mengurangi depresi dan stres
5.   Meningkatkan konsentrasi belajar
6.   Meningkatkan kualitas hidup penderita kanker
7.   Memperkuat sistem kekebalan tubuh
8.   Membantu menurunkan berat badan
9.   Menguatkan tulang
10. Mengurangi resiko kanker usus pada wanita
11. Teh hijau dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kognisi pada Pria, lapor sebuah studi baru dalam European Journal of Clinical Nutrition.

Berikut Menurut Para Ahli

Menurut Arifin, sejauh ini secara umum semua jenis teh hijau memiliki khasiat yang sama.

Konsumsinya mulai dalam bentuk setengah jadi dari pabrik, teh celup, sampai teh siap minum dalam kemasan botol dan kotak yang saat ini banyak beredar di pasaran. Namun demikian, pemakaian teh hijau untuk anak-anak belum ada penelitian. Sedangkan untuk dewasa dapat diperoleh melalui tiga cangkir teh hijau per hari (3 gram teh, 240-320 gram polifenol atau 300-400 gram miligram ekstrak teh hijau/hari. Lain halnya untuk wanita hamil dan menyusui sebaiknya menghindari minum teh hijau. Manfaat lainnya dari polifenol dalam teh hijau, tambah Arifin, adalah mampu menurunkan kolesterol tinggi, yang juga menjadi salah satu penyebab gangguan eraksi itu, mampu membuat seseorang tak cepat lapar, yang menjadi salah satu perangsang aktivitas.
“teh hijau berkualitas baik secara kasat mata sudah jelas, yaitu berwarna hijau bening. Standar kualitas ini sifatnya menyeluruh, baik produk lokal maupun impor, berikut pula dengan berbagai jenisnya,” ujar Imron.


Segala sesuatu yang berlebihan memang bisa membahayakan. Tak terkecuali teh hijau, minuman super yang memberikan manfaat berlimpah bagi kesehatan. Terlalu banyak mengonsumsi teh hijau ternyata menimbulkan kontraindikasi. Teh hijau memiliki manfaat seperti menurunkan berat badan karena mampu meningkatkan metabolisme. Teh hijau juga mampu melawan flu karena memperkuat sistem imun. Minuman ini juga bersifat menenangkan sehingga menjauhkan peminumnya dari stres. Tak hanya itu, teh hijau kaya antioksidan yang melawan radikal bebas. Dan para pakar pun merekomendasikannya sebagai minuman pencegah beberapa jenis kanker.

Dr. Zuo Feng Zhang, peneliti epidemiologi kanker dari University of California Los Angeles dan University of Maryland Medical Center mengatakan, rutin konsumsi dua hingga tiga cangkir teh hijau setiap hari dapat memberikan manfaat kesehatan yang sudah terbukti.
Sebuah penelitian menunjukkan, konsumsi lima cangkir teh hijau per hari dapat menurunkan risiko kanker lambung. Penelitian lainnya menyimpulkan, minum tujuh cangkir teh hijau setiap harinya mampu menurunkan berat badan. Dan masih banyak lagi penelitian lainnya yang menunjukkan manfaat teh hijau beserta rekomendasi jumlah yang harus diasup.
Ayo kita konsumsi teh hijau untuk hidup lebih sehat.


Reverensi Materi

0 comments:

Recent Update

Language Translation

About Me

My photo
Assalamualaikum.. saya Aria mahasiswa dari Universitas Gunadarma Kalimalang
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS