Home » » Awal Kenal Video Stop Motion

Awal Kenal Video Stop Motion

Sedikit mau cerita tentang Video Stop Motion yang gue buat untuk pertama kalinya. Berawal melihat animasi stop motion dari you tube pada waktu itu vvideo Danbo. Tau kan Danbo boneka kardus yang selalu galau.. Gue penasaran bagaimana cara membuat video itu. Gue hanya mencoba dan membuat video tersebut dengan kamera ponsel. Video tersebut Gue buat hanya dengan menekan fungsi tombol Pause dan Play.. ha ha Tanpa keahlian dan belum melihat tutorialnya Guea mencoba membuat video tersebut dengan kamera ponsel Gue, dan ternyata cukup berhasil. Ya meski hasilnya tidak bagus tapi Gue mengerti cara pembuatannya meski Gue tau itu adalah cara yang sangat sangat sederhana dan mungkin itu cara yang salah ha ha...  


Suatu hari ketika dosen softskill memberikan tugas untuk membuat animasi sekreatif mungkin dan akan di presentasikan di depan kelas, Gue bingung harus membuat apa. Dan salah satu teman Gue bertanya kepada dosen untuk membuat animasi dengan File Gif dan dibolehkan. Gue mencoba membuat dan itu masih tanpa tutorial lagi ha ha.. dan setelah Gue coba berhasil dong.. dan woow tampak hidup.

Oke sekarang kita coba telusuri Stop Motion itu apa sih. Stop Motion bisa di artikan dan menurut Gue Stop yang berarti Berhenti dan Motion itu bergerak. Jadi Video Stop Motion adalah Video Animasi yang terbentuk dari sekumpulan frame/ foto yang dapat membentuk sebuah cerita dalam bentuk video. Sebenarnya video ini sudah sangat lama sekali dan anehnya Gue baru mengetahui nama videonya.. kuper ya ha ha..

Sekarang bagaimana cara pembuatan video yang telah Gue buat untuk tugas kuliah Gue ? ya namanya masih kuliah dengan alat yang sangat sederhana Gue mencoba membuat animasi itu. Alat yang wajib kita punya itu kamera !!!
“kenapa meski kamera? Hp boleh ga?” (Pertanyaan aneh!!)
“hp buat apa?”
“buat telponan lah sama smsan”
Ha ha ha itu salah satu kalimat Ragam tulis Dalam Ragam gramatikal. Ha ha kita belajar bahasa indonesia dulu ni.. gpp ya menambah wawasan dikit.
Jadi kamera apa saja diperbolehkan yang intinya kita bisa membidik objek yaa..
Jadi pertama Kamera yang fungsinya untuk mengambil foto.
Kedua yang wajib kita punya itu adalah Objeknya..  bukan abang ojek yaa...
Objek itu yang akan menjadikan alur cerita saat kita membidik objeknya..
Yang ketiga Software. Bisa Photoscape, Movie Maker, Gif Animator dan masih banyak lagi software.
Oia lupa tripod.. kalo engga punya bisa dengan tumpukan buku kok.. kaya gue masih pake tumpukan buku...
Gue rasa yang wajib lu punya hanya itu. Sederhanna akan ? pasti lu punya lah..

 “Terus bagai mana tahap kerjanya?”
“gampang saja..Lu persiapkan semuanya dan memulai dengan pengambilan foto.”
“berapa banyak foto yang meski diambil?”
“semakin banyak foto yang diambil setiap gerakkannya semakin bagus”

Jadi setiap satu detiknya kita bisa mengambil minimal 6 foto lah. Kalo yang profesinal bisa sampai 20-30 foto setiap detiknya jadi bener bener keren hasilnya. Movie yang sangat terkenal seperti Shaun The Sheep mereka membuat animasi tersebut dengan waktu 1 menit membutuhkan 1500 foto.

Kalo lu mau tau gue bagaimana membuatnya oke langsung aja Cekidooot!!

0 comments:

Recent Update

Language Translation

About Me

My photo
Assalamualaikum.. saya Aria mahasiswa dari Universitas Gunadarma Kalimalang
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS