Home » » Resensi Film Lone Survivor

Resensi Film Lone Survivor

Resensi
Judul: Lone Survivor
Pemain: Mark Wahlberg, Taylor Kitsch, Emile Hirsh, Ben Foster, Eric Bana
Sutradara: Peter Berg
Naskah: Peter Berg
Distributor: Universal Studios, Foresight Unlimited

Sinopsis
Sebuah film yang di angkat berdasarkan kisah nyata dan di angkat dari sebuah misi gagal salah satu pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat (Navy SEAL)  yang bertema “operation red wings”. Tujuan dari Operasi Red Wings, yang dimulai pada tanggal 28 Juni 2005, adalah pertama untuk mengidentifikasi , menangkap atau membunuh komandan Taliban senior yang bernama Ahmad Shah.
Tim Navy Seal yang beranggotakan empat orang yaitu Marcus Luttrell (Mark Wahlberg), Matthew Axelson (Ben Foster), Michael Murphy (Taylor Kitsch) dan Danny Dietz (Emile Hirsh) akan berangkat dari pangkalan udara Bagram untuk menuju sebuah desa. Desa yang dikelilingi oleh perbuktian yang telah teridentfikasi akan keberadaan Ahmad Shah.

Marcus dan tiga anggota timnya perang melawan pasukan Taliban yang mengepung mereka dan baku tembak pun terjadi. Namun peperangan tersebut telah menewaskan tiga anggotanya, Marcus pun bertemu dan ditolong oleh penduduk yang bertemu dengan Marcus. Penduduk tersebut bernama Mohhamad Golab dan tinggal beberapa hari dengannya. Namun pada akhirnya Marcus pun diketahui keberadannya oleh anggota Taliban dan hendak akan di pancung. Namun penduduk menolongnya sehingga tidak jadi dipancung.
Dan pada saat itupun warga Afghanistan melawan pasukan Taliban sehingga peperangan tejadi. Namun Marcus dapat tertolong oleh timnya yang menyusul dirinya untuk kembali ke markasnya dan disanalah Marcus dalam keadaan kritis.

Unsur Intristik
Tema
Lone Survivor : The Eyewitness Account of Operation Redwing and The Lost Heroes of Seal Team 10.

Latar Belakang
Pusat pelatihan Marinir di AS
Negara Mexico
Negara Afghanistan
Lereng Gunung Sawtalo Sar
Bandara Bagram
Rumah Mohammad Gulab

Alur
Film ini menggunakan alur mundur. Tiga hari sebelum misi Operation Red Wings di laksanakan.

Amanat
Selalu berani menghadapi tantangan
Selalu percaya pada kekuatan tim dan diri sendiri
Seorang prajurit perang yang tangguh rela berperang hingga titik darah penghabisan demi menyelesaikan tugas.

Penokohan
Mark Wahlberg      : Sebagai Marcus Luttrell satu-satunya anggota tim ini yang hidup di akhir film,yang bertugas sebagai hospital corpsman merangkap sebagai sniper di atas
Ben Foster             : Sebagai Matthew Axelson
Taylor Kitsch          : Sebagai Michael Murphy
Emile Hirsh            : Sebagai Danny Dietz prajurit yang bertugas membawa radio komunikasi
Mohammad Gulab  : Warga Afghanistan yang menolong Marcus


Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan
Film ini berdasarkan kisah nyata, merupakan gambaran saat peperangan yang cukup tragis dan mengharukan. Para aktor yang memerankannya begitu baik sehingga film ini begitu sangat baik dan memiliki pesan moral bagi yang menontonnya. Diawal dan akhir film, tim pembuat film setelah beberapa foto dan video dokumentasi tokoh aslinya dipajang di bagian credit film. Sehingga, para penonton yang menyaksikan pastinya terharu dengan cara tersebut.

Kekurangan
Film ini bukan seperti film superhero Amerika. Film ini juga belum memiliki akhiran yang jelas dikarenakan berdasarkan kisah nyata. Tidak seperti film action lainnya yang membuat penonton kagum karena actionnya.

0 comments:

Recent Update

Language Translation

About Me

My photo
Assalamualaikum.. saya Aria mahasiswa dari Universitas Gunadarma Kalimalang
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS