Home » » Ringkasan Film Lone Survivor

Ringkasan Film Lone Survivor


Tiga hari sebelum misi dilaksanakan Marcus ingin memiliki kuda arab yang harganya sangat mahal, ia ingin memilikinya dan merawatnya setelah ia menerima pesan. Dipagi harinya Marcus dengan Dietz berlari pagi mengelilingi bandara Bagram. Mereka saling berkometisi untuk mencapai garis lebih awal. Setelah mereka berlari mereka beristirahat dan disana terdapat teman-temannya. Ketika istirahat Marcus beserta temannya mendapatkan perintah bahwa iya akan mendapatkan misi.

Misi tersebut diberikan kepada 4 orang anggota tim Navy Seal yang bernama Marcus Ruttreall (Mark Wahlberg), Matthew Axelson (Ben Foster), Michael Murphy (Taylor Kitsch) dan Danny Dietz (Emile Hirsh). Misi tersebut diberi nama Operasi sayap merah. Dimana misi tersebut adalah untuk menidentfikasi, menangkap atau membunuh ketua Taliban yang bernama Ahmad Shah.




Empat orang anggota tim Navy Seal berangkat dari pangkalan udara Bagram untuk menuju sebuah desa yang yang dikelilingi perbukitan yang telah teridentifikasi akan keberadaan Ahmad Shah. Mereka sudah berada di titik penalti terakhir untuk menembak Ahmad Shah yang bercirikan fisik tidak mempunyai sebelah telinga. Sayangnya hubungan komunikasi terganggu sehingga konfirmasi perintah tidak didapatkan.

Sementara menunggu menerima perintah menembak, tiba-tiba muncul tiga orang penggembala kambing. Tentu saja hal ini diluar dugaan. mereka menangkapnya dan disinilah timbul perdebatan dantara mereka. Alternatif pertama adalah membunuh mereka dengan konsekuensi tugas lancar tapi menjadikan mereka pelanggar hukum juga. Alternatif kedua adalah melepaskan mereka dan tugas gagal karena keberadaan operasi tersebut sudah diketahui oleh orang lain. Konflik dan pemikiran serta alasan mereka memang cukup bisa diterima dalam berdebat. Sebagai kepala dalam misi ini Marcus berhak memutuskan hasilnya dan voting tidak berlaku.



Akhirnya Marcus memutuskan untuk melepaskan gembala kambing tersebut. Misi dianggap gagal dan mereka berencana untuk kembali ke pangkalan. Sayangnya komunikasi terganggu di saat-saat yang penting. Mereka hendak menyelamatkan diri dengan naik ke bukit bagian atas agar dapat menerima sinyal telepon satelit. Sayangnya gembala yang dilepaskan membocorkan kepada pasukan Taliban akan keberadaan pasukan Amerika.

Beberapa saat kemudian pasukan Taliban dengan jumlah yang banyak menyerbu dan menyerang mereka. Marcus dan kawan-kawan kalah jumlah tetapi tak mudah menyerah begitu saja. Perlawanan yang gigih dilakukan untuk mempertahankan nyawa mereka dan kehormatan mereka. Rasa patriotisme dan keberanian dalam menjalankan misi ditunjukkan dengan perlawanan sampai titik darah penghabisan. Teman-temannya tidak dapat selamat. Mereka tewas di medap peperangan. Dan hanya Marcus yang selamat.

Marcus ditolong oleh M.Gulab, seorang penduduk di sekitar kejadian walaupun diawalnya Marcus ragu-ragu karena tidak tahu orang tersebut Taliban atau bukan terlebih lagi dengan tewasnya rekan-rekannya akibat membebaskan gembala kambing. Marcus ditampung dirumahnya walaupun ada orang yang tidak setuju dengan hal itu. Marcus meminta tolong seseorang agar mengirim surat ke pangkalan Amerika yang memberitahukan keberadaannya di desa itu.



Pasukan Taliban tidak tinggal diam, mereka tetap mencari Marcus dan pada akhirnya menemukan persembunyian Marcus. Marcus diseret dan hendak dipancung kepalanya oleh anak buah Ahmad Shah. Pada saat yang menentukan, Gulab menyelamatkannya. Marcus terheran-heran dengan sikap Gulab yang berani mengambil resiko kepada Taliban. Pasukan Taliban pun pergi namun tetap mengancam akan membinasakan desa tersebut.

Hari berikutnya pasukan Taliban dengan jumlah lebih banyak datang kembali ke desa tersebut. Terjadi tembak-menembak dengan penduduk desa tersebut. Marcus sendiri nyaris tewas. Untunglah pasukan bantuan Amerika Serikat datang disaat yang tepat. Dan akhirnya Marcus tertolong dan dibawa ke pangkalannya. Disanalah Marcus dalam keadaan sekarat hingga detak jantungnya pun berhenti.

Diakhir cerita ditayangkan foto-foto sebelum tragedi tersebut terjadi.

0 comments:

Recent Update

Language Translation

About Me

My photo
Assalamualaikum.. saya Aria mahasiswa dari Universitas Gunadarma Kalimalang
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS