Home » » Semi Ilmiah

Semi Ilmiah

Semi Ilmiah

Semi Ilmiah adalah sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan dan penulisannyapun tidak semiformal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering di masukkan karangan non-ilmiah. Maksud dari karangan non-ilmiah tersebut ialah karena jenis Semi Ilmiah memang masih banyak digunakan misal dalam komik, anekdot, dongeng, hikayat, novel, roman dan cerpen.


Ciri-ciri Semi Ilmiah
1.         Ditulis berdasarkan fakta pribadi
2.         Fakta yang disimpulkan subjektif 
3.         Gaya bahasa formal dan popular 
4.         Mementingkan diri penulis 
5.         Melebih-lebihkan sesuatu 
6.         Usulan-usulan bersifat argumentative, dan 
7.         Bersifat persuasif

Contoh Laporan Semi Ilmiah
Stres bikin doyan makan makanan manis?
Merdeka.com - Tahukah Anda kenapa Anda selalu mengonsumsi cokelat, permen, atau makanan manis lainnya ketika sedang stres?

Ternyata menurut sebuah penelitian seperti dilansir dari indiatimes.com, hormon stres yang aktif ketika Anda sedang sedih atau galau meningkatkan keinginan Anda untuk makan makanan dengan cita rasa manis.

"Hormon yang dikenal sebagai glukokorttikoid (GC) ini sangat berperan besar dalam meningkatkan nafsu makan seseorang untuk mengonsumsi makanan manis. Hormon ini semakin aktif ketika Anda sedang stres. Oleh sebab itu Anda pun cenderung lebih banyak mengonsumsi makanan manis ketika sedang stres," kata M. Rockwell Parker, peneliti ekologi kimia di Monell Chemical Senses Center, Philadelphia. Dia pun menyarankan agar Anda berusaha untuk mengontrol stres sehingga keinginan untuk makan makanan manis secara berlebihan tidak muncul. Sebab apabila dibiarkan dapat menyebabkan Anda terkena obesitas dan diabetes. Selain meningkatkan sensor rasa manis, hormon ini juga sensitif terhadap rasa umami.

(www.merdeka.com, 6 juni 2014)

0 comments:

Recent Update

Language Translation

About Me

My photo
Assalamualaikum.. saya Aria mahasiswa dari Universitas Gunadarma Kalimalang
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS