Home » » Kasus Etika Pasar Bebas

Kasus Etika Pasar Bebas

Free market competitions atau yang biasa kita kenal dengan pasar bebas, merupakan pasar dimana didalamnya tidak ada unsur intervensi (campur tangan) dari pemerintah. Mekanisme pasar atau tarik ulur antara demand dan supply adalah yang mendasari berjalannya transaksi pasar. Dalam free market competitions biasanya bentuk pasar adalah pasar persaingan sempurna. Melihat kondisi pasar perdagangan internasional sekarang ini, metamorfosis pasar diperkirakan akan menuju ke arah suatu bentuk pasar “free market competition”. Karena pasar bebas merupakan bentuk pasar yang paling adil.
 

Filipina, Saingan Utama RI Hadapi Pasar Bebas ASEAN


Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah berada di depan mata. Dengan begitu, maka barang dan jasa akan hilir mudik di antara negara ASEAN.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, dalam perdagangan bebas tersebut, Filipina merupakan pesaing yang perlu dikhawatirkan.

Lantaran, dari segi sumber daya alam memiliki kemiripan. Namun, dari tenaga kerja diuntungkan karena memiliki kemampuan bahasa Inggris.

"Kalau Filipina mirip-mirip kita dan punya kelebihan bahasa Inggris," kata dia, Jakarta, Jumat (30/1/2015) malam.

Justru, Bambang melihat negara lain seperti Thailand, Malaysia dan Singapura bukan menjadi kendala Indonesia dalam persaingan MEA.

Dia mengatakan, ketiga negara tersebut memiliki level pendapatan yang hampir mirip. Sehingga, tak mungkin jika menjadi Indonesia sebagai pesaing.

"Malaysia, Thailand sama Singapura, mereka akan hitung-hitungan gaji," tutup dia. (Amd/Ndw)

0 comments:

Recent Update

Language Translation

About Me

My photo
Assalamualaikum.. saya Aria mahasiswa dari Universitas Gunadarma Kalimalang
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS